Persiapan membuat Blog Di Blogspot

Blog adalah singkatan dari “Web dan log” merupakan salah satu aplikasi web berupa tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.

Awalnya di dalam blog dibuat sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online atau sebuah halaman berisi kan tutorial atau cara-cara membuat sesuatu yang dituangkan ke dalam blog , bisa berisi curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, tutorial membuat blog sudah banyak diulas di berbagai blog.


Salah satu penyedia blog gratis yang populer sampai saat ini adalah  blogspot atau blogger, dimana pada saat kita mendaftar pada situs blogger.com atau blogspot ini kita akan mendapatkan nama sub domain dari blogspot.
contoh : namablog.blogspot.com

Kenapa membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya membuat blog di blogger mempunyai banyak kelebihan yang dimiliki blogger dibanding dengan penyedia blog lain. Salah satu contohnya yaitu mudah dalam pengoperasian dan cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti dan mengedit template sehingga tampilan blog akan lebih fresh. Untuk custom domainpun dimana anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri. Contohnya namablog.blogspot.com di ubah menjadi namablog.com dengan tetap memakai hosting blogspot dan masih tetap gratis.

Persiapan apa saja yang harus kita perlukan dalam membuat Blog di Blogspot? Sebetulnya tidak ada persiapan yang khusus. Tetapi alangkan baiknya sebelum membuat Blog kita mempersiapkan konsepnya terlebih dahulu, karena konsep ini sangat penting dalam mebangun Blog agar blog kita tidak terkesan gado-gado.

Konsep disini meliputi :

  • Judul mempunyai peranan tidak kalah pentingnya, buatlah judul yang menarik dan mudah diingat.
  •  Materi : seperti dijelaskan di atas alangkah baiknya kita membuat materi blog tidak campuran alias gado gado tetapi fokus pada salah satu masalah saja, contohnya tentang tip dan trik seputar komputer jangan dicampur dengan resep masakah atau obat-obatan.
  • Tag atau Label pun disini sudah kita persiapkan sebelumnya, kenapa? karena akan lebih mudah bila kita sudah mempersiapkan tag atau label sehingga Anda akan fokus pada materi yang akan ditulis. Lebih penting lagi Anda tidak akan  bingung saat selesai menulis di beri label apa nantinya.
  • Template untuk Blogspot atau blogger banyak disediakan di berbagai situs antara lain :

1.   Template dasar Blogspot 

2.   http://btemplates.com

3.   http://www.bloggerstyles.com/

4.   www.zoomtemplate.com/

5.   http://blogtemplate4u.com/

6.   www.bloggertemplatesfree.com/

7.   www.bloggertemplatesfree.com/ 

8.   www.eblogtemplates.com/

9.   http://bloggertemplateplace.com/

10. http://www.dhetemplate.com/

Dan masih banyak lagi. Bagaimana cara memilihnya? itu adalah sesuai selera Anda. Tetapi yang harus diperhatikan dalam memilih template adalah seberapa ringankah dalam loading sebuah template (performa template itu sendiri) semakin ringan sebuah template maka akan cepat Blog itu terbuka, apabila blog kita lama terbuka maka pembaca atau pengunjung akan merasa bosan untuk menunggu sehingga akan ditinggalkan pembacanya.

Bagaimana mengukur perfomance nya? banyak situ yang menyediakan jasa ini dan itu gratis (lagi lagi gratis ) tetapi disini saya mengambil salah satu contoh http://gtmetrix.com/.

Ringkasan
Persiapan dalam mebuat Blog adalah siapkan Judul yang menarik dan sesuai konsep. Materi blog sebaiknya jangan gado-gado atau campuran contohnya blog tentang komputer dicampur dengan resep atau obat-obatan. Tag atau label sebaiknya dipersiapkan agar kita lebih fokus dalam menulis. Template pun tidak kalah pentingnya, pilihlah template yang ringan loadingnya sehingga akan cepat terbuka. Demikian persiapan dalam membuat template yang saat ini penulis rasakan sangat berguna, semoga tulisan ini sedikit membantu Anda dalah memulai membuat Blog.


Related Articles by Category



0 komentar: